Memperbaiki Layar Monitor LCD Dead Pixel

Apakah kita bisa memperbaiki kerusakan berupa Dead Pixel? Mari kita simak. Dead Pixel adalah permasalahan yang paling mengganggu ketika kita menggunakan monitor untuk beraktivitas. Meskipun hanya satu titik saja, mata akan terganggu dengan kerusakan ini yang tidak bisa menampilkan warna dengan baik.

Dead Pixel

Penyakit Dead Pixel ini sering sekali menyerang monitor dengan teknologi LCD (Liquid Crystal Display). Terjadinya short pada lapisan pada LCD menyebabkan eror dan bahkan layar gagal dalam mentransfer sinyal dengan baik. Mengingat lapisan pada monitor LCD terdiri dari tiga lapisan dan harus dalam kondisi sempurna untuk bisa menampilkan warna dengan baik.

Penyebab Piksel Mati

Seperti yang kita ketahui, bahwa layar LCD terdiri dari tiga lapisan berwarna Merah, Hijau dan Biru. Masing masing lapisan ini memiliki tugas untuk memancarkan sinar sehingga membuat kombinasi warna yang baru. Kombinasi warna RGB inilah yang akan tampil dan kita lihat pada layar monitor komputer.

Penyebab utama matinya piksel pada layar monitor adalah adanya kerusakan pada beberapa atau salah satu lapisan panel. Sehingga warna output pada layar monitor menjadi tidak sesuai dengan warna yang diinginkan. Hal ini dikarenakan kombinasi warna RGB nya telah rusak.

Ya, setiap warna yang tampil pada layar monitor komputer, pada dasarnya merupakan kombinasi warna RGB. RGB sendiri merupakan kependekan dari Red Green Blue, yang artinya ini adalah tiga warna primer Merah, Hijau dan Biru. Kombinasi dengan intensitas tertentu pada ketiga warna ini akan menghasilkan warna baru yang lebih banyak.

Namun, apabila yang terjadi adalah salah satu layar utama ini mati, maka warna yang dihasilkan akan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Dan yang lebih parah lagi, apabila terjadi eror atau korsleting pada salah satu panelnya. Maka yang bisa terjadi adalah piksel mati atau dead pixel.

Bisakah Memperbaiki Dead Pixel?

Dead Pixel adalah kerusakan kompleks yang terjadi pada lapisan tertentu pada monitor. Kerusakan Dead Pixel tidak bisa diperbaiki secara langsung oleh orang biasa. Karena biasanya keberadaan Dead Pixel ini merupakan hasil dari cacat pabrik atau cacat produksi.

Pilihan satu-satunya untuk memperbaiki lapisan panel yang rusak ini adalah dengan melakukan klaim garansi. Hal ini karena kerusakan dead pixel sangat dipengaruhi oleh kesalahan produksi yang menyebabkan layar menjadi mati. Sangat kecil sekali kemungkinan kerusakan ini ditimbulkan oleh kesalahan pengguna.

Bahkan presentase terbesar penyebab masalah ini adalah karena permasalahan transportasi yang secara tidak sengaja melukai panel. Disinilah pentingnya garansi untuk produk monitor yang beredar dipasaran, termasuk monitor gaming.

Baca juga : 10 Monitor Gaming Dibawah 3 Juta 144Hz Terbaik [Update 2022]

Keberadaan garansi akan menggantikan monitor yang rusak dengan monitor baru. Namun hal ini juga bergantung pada ketentuan garansi masing-masing brand. Ada beberapa brand yang akan mengganti monitor dengan unit yang baru, dan ada juga brand yang hanya melayani perbaikan pada unit yang rusak.

Jika memang monitor yang dibeli masih dalam masa garansi, lebih baik untuk urusan piksel yang mati, jangan langsung dibawa ke tempat servis tidak resmi. Selain merusak segel, tentu saja akan menghilangkan garansi yang masih berlaku. Padahal untuk perbaikan di tempat servis resmi, lebih terpercaya dan spare part yang ada lebih terjamin keasliannya.

Tinggalkan komentar