Apa itu Panel TN pada Monitor Komputer?

Twisted Nematic adalah industri teknologi panel yang banyak digunakan oleh produsen display. Teknologi tampilan ini umumnya digunakan dalam produksi monitor gaming karena manfaatnya dalam menciptakan monitor yang terjangkau dan responsif.

Panel TN
Panel TN

Teknologi TN ini memiliki kelebihan dan kekurangan dalam berbagai hal untuk bersaing dengan teknologi IPS dan VA. Keberadaan masing-masing jenis panel, ditujukan berdasarkan tujuan yang berbeda-beda.

Penting untuk diingat, fakta bahwa teknologi TN telah sangat maju dari waktu ke waktu untuk menutupi beberapa kecacatan dalam teknologinya. Layar TN terbaru adalah versi superior yang akan selalu menyempurnakan monitor TN sebelumnya.

Dengan cara yang sama ada sejumlah monitor TN yang ada di pasaran saat ini yang membutuhkan perbaikan dalam warna dan sudut pandang. Karena fakta bahwa pembuat layar telah memilih untuk menggunakan desain yang lebih murah untuk mengurangi biaya.

Panel TN adalah opsi paling populer untuk monitor gaming karena manfaat yang ditawarkannya dalam aspek tertentu. Terutama kecondongan panel TN untuk kebergunaan sebagai monitor gaming seperti response time yang lebih bagus daripada panel IPS ataupun VA.

Panel TN dapat memberikan resolusi tinggi tinggi yang memungkinkan game dimainkan dengan lancar. Refresh rate yang tinggi mengurangi input lag yang disebabkan oleh tampilan, membuat layar lebih lancar dan terlihat lebih mulus.

Aspek hebat lain dari panel TN yang membuatnya ideal untuk digunakan dalam bermain game, adalah waktu respons yang cepat. Istilah “waktu respons” mengacu pada durasi yang dibutuhkan satu piksel untuk berubah dari satu bayangan ke bayangan berikutnya.

Dalam game yang bergerak cepat seperti game FPS, biasanya ada banyak hal yang terjadi di layar, yang membutuhkan piksel untuk mengubah warnanya dengan cepat saat game berlangsung melalui bingkai. Panel TN misalnya memiliki respons yang sangat cepat sekitar 1 milidetik yaitu dibutuhkan sekitar 1 milidetik bagi piksel untuk mengubah posisinya saat permainan bergerak di antara bingkai.

Tidak mengherankan jika panel TN direkomendasikan sebagai pilihan pertama bagi para gamer di setiap lini monitor gaming. Karena memang dari segi kualitas repsonse time, lebih baik daripada tipe lainnya.

Meskipun ada banyak manfaat dari panel TN, ada beberapa kelemahan yang signifikan juga. Reproduksi warna pada panel TN tidak sama dengan panel IPS. Mereka juga tidak ideal untuk dilihat dari sudut yang lebih besar.

Layar Twisted Nematic (TN) dapat digambarkan sebagai layar khas yang terbuat dari kristal cair (LCD) yang terdiri dari bahan yang disebut nematic liquid crystal yang terdapat di antara dua lembar kaca yang terpolarisasi.

Layar TN memanfaatkan kemampuan bahan nematik untuk mengubah polarisasi berkas cahaya yang melewatinya. Dua filter polarisasi yang merupakan bidang kaca paralel, dan garis polarisasi masing-masing sejajar pada sudut siku-siku satu sama lain, mereka terletak di sisi berlawanan dari kristal cair.

Ketika cahaya mengenai layar, cahaya tersebut akan dipolarisasi oleh filter yang masuk. Tanpa medan listrik setiap cahaya yang masuk ditransfer. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa polarisasi cahaya dari cahaya diputar 90 derajat karena sifat kristal yang berarti bahwa cahaya dapat dengan mudah melewati filter keluaran yang berorientasi pada sudut 90 derajat.

Ketika Anda menerapkan medan listrik berkembang di kristal nematic. Dalam kondisi ini, efek polarisasi berkurang. Jika dayanya cukup besar, efek polarisasi berhenti sepenuhnya, dan radiasi diblokir oleh filter yang mempolarisasi cahaya.

Mayoritas tampilan monitor komputer yang menggunakan panel TN menampilkan tampilan hitam-perak atau hitam-abu-abu yang berbeda, dan dapat digunakan dalam tampilan alfanumerik seperti yang ditemukan di jam tangan, tampilan gadget serta beberapa tampilan kalkulator. Panel LCD dengan resolusi tinggi yang biasa ditemukan di komputer genggam dan notebook menggunakan teknologi alternatif.

Kemudian ada juga jenis yang menggunakan panel LCD pada layar Tn. Jenis panel ini, meskipun tidak ada arus listrik yang mengalir melalui kristal kristal cair, sel secara alami dipelintir di antara dua substrat kaca yang menghalangi transmisi cahaya melalui lampu latar. Hal ini membuat kristal transparan dan menciptakan tampilan layar yang tidak terang.

Jika arus listrik mengalir, sel kristal mengendur, untuk memungkinkan cahaya mengalir, menghasilkan tampilan layar yang jernih. Panel TN memiliki sudut pandang yang sempit, terutama dalam arah vertikal . Selain itu, reproduksi warna tidak terlalu bagus; namun demikian, mereka ekonomis dan cocok untuk berbagai aplikasi umum, terutama untuk pekerjaan kantor (misalnya, pengolah kata).

Tinggalkan komentar