Apa Sebenarnya Fungsi Monitor Komputer?

Semua komputer saat ini pastinya memiliki sebuah media display berupa monitor komputer. Fungsi monitor komputer adalah sebagai output display dari pemrosesan data CPU.

Fungsi monitor komputer

Keberadaan monitor komputer sangat penting, karena berguna utnuk memvisualisasikan data yang berhasil diproses oleh CPU. Sistem operasi yang sangat memaksimalkan fungsi sekaligus bergantung pada monitor komputer adalah Windows.

Monitor komputer juga memiliki istilah lain, yaitu layer tampilan (Display Screen) yang didalamnya terdiri dari beberapa komponen. Komponen yang utama adalah panel atau display modul yang mana ini adalah part utama dari monitor komputer. Kemudian ada juga sirkuit yang berupa board berisi komponen elektronik. Dan yang terakhir adalah casing atau cover yang berguna untuk membungkus seluruh komponen diatas.

Pada awalnya, monitor hanya ditemukan untuk komputer saja, namun seiring berkembangnya jaman, banyak juga device seperti hp dan mp3 player yang menggunakan monitor display. Hal ini dikarenakan teknologi layer semakin kecil dan juga dibutuhkan spesifikasi yang lebih powerful lagi.

Untuk tipe monitor yang populer hingga awal tahun 2000-an adalah monitor CRT, yaitu monitor komputer dengan bodi yang besar dan memakan daya yang besar juga. Hal ini dikarenakan keberadaan LCD sangat mahal dan tidak cukup terjangkau untuk digunakan.

LCD lebih populer untuk perangkat portabel seperti laptop , karena sepadan antara fitur dan harganya. Ya, laptop yang lebih simpel dan praktis, sehingga mudah dibawa kemana-mana layaknya membawa komputer. Teknologi LCD bertahan cukup lama dan menjadi monitor yang laris manis dipasaran setelah era monitor CRT tamat.

Setelah LCD, ada teknologi monitor yang lebih baru lagi, yaitu OLED dimana sekarang ini banyak produse dan sales monitor menyebutnya dengan LED (Light emitting Diode). Tentu saja ini bukanlah lampu penerangan yang ada dipinggir jalan, ini merupakan teknologi monitor yang paling mutakhir saat ini.

Untuk monitor gaming saat ini, hampir semuanya menggunakan teknologi OLED karena lebih capable dan memenuhi kebutuhan gaming penggunanya. Kinjera monitor LED juga lebih bagus daripada pendahulunya.

Pertimbangan Ketika Membeli Monitor Komputer

Orang-orang yang ingin membeli monitor komputer, tentu saja harus menyesuaikan dengan kebutuhannya. Selain harus menekan budget dan juga menyesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan, ada beberapa parameter yang harus dipertimbangkan ketika memilih monitor. Terutama monitor gaming, agar bisa mendapatkan pengaturan rata kanan, juga dibutuhkan spesifikasi monitor yang mendukung.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa kalian perhitungkan apabila ingin membeli sebuah monitor komputer.

  • Luminance : atau biasa di sebut Brightness yang artinya adalah kecerahan. Satuannya adalah Nits atau bisa juga cd/m2. Semakin tinggi angka Luminance nya, maka semakin terang brightness yang bisa dicapai.
  • Aspek Rasio : Monitor jarang sekali menulis aspek rasio pada kardus atau spesifikasinya, namun brand atau produsen langsung menulisnya dengan angka 4:3 , 16:9 atau 16:10 dsb. Ini merupakan perbandingan antara panjang vertikal dan panjang horizontal.
  • Resolusi layar : Jumlah pixel yang ada pada layar di setiap inchi persegi. Satuannya adalah pixel, contohnya adalah 640p, 720p, 1080p, 2160p.
  • Refresh Rate : ini sangat penting untuk kalian yang mencari monitor gaming. Tingginya refresh rate sangat mempengaruhi peforma bermain game. Satuannya dalah Hertz (Hz) dan semakin besar angkanya, maka semakin banyak gambar baru yang bisa ditampilkan dalam mili detik (ms).
  • Response Time : Response pixel untuk menjadi aktif dan tidak aktif atau sebaliknya. Kecepatan ini diukur dalam mili detik. Semakin kecil angka response time, maka semakin bagus dan responsif monitor tersebut.
  • Contrast Ratio : merupakan perbandingan rasio luminositas warna yang paling terang (putih) dan warna yang paling gelap (hitam) yang dapat dihasilkan monitor.
  • Konsumsi daya : umumnya monitor LCD dan LED membutuhkan konsumsi daya yang lebih rendah daripada monitor CRT atau monitor tabung. Satuan konsumsi daya adalah Watt.

Itulah penjelasan mengenai fungsi dari monitor komputer yang perlu kalian ketahui. Keberadaan monitor sangat penting sebagai display , terutama pengguna OS Windows. Sedangkan jika kalian adalah pengguna sistem operasi Linux, tidak butuh monitor dengan spesifikasi yang tinggi. Karena linux bisa berjalan dengan perintah command line.

Tinggalkan komentar