Beberapa Tipe Port Input pada Monitor Komputer

Sekarang ini, monitor komputer memiliki port input yang bermacam-macam untuk tujuan memberikan display gambar sesuai dengan proses dari CPU. Keberadaan colokan ini tentu saja sangat berguna untuk menyalurkan sinyal display dari mesin agar bisa tampil dengan baik.

Beberapa versi colokan memak terdengan baru, terutama untuk monitor komputer high end keluaran terbaru. Masing-masing colokan tersebut memiliki spesifikasi yang juga berbeda fungsi utamanya, karena memiliki spesifikasi yang berbeda. Semakin baru keluaran tipe port input pada monitor, maka semakin bagus peforma yang ditawarkan.

Monitor lawas yang sekarang ini masih ada tetap bisa digunakan pada beberapa kasus. Contoh monitor komputer lawas adalah monitor tabung yang memiliki bodi sangat besar. Monitor ini memiliki port input VGA yang bisa digunakan untuk mendisplay gambar dan video yang cukup untuk keperluan kantor. Karena hanya bisa menjalankan fungsi dasar dan peformanya juga terbatas.

Selain VGA masih banyak lagi port input monitor komputer, mulai dari komputer biasa hingga komputer gaming kelas atas. Teknologi yang digunakan tentu saja berbeda dan masing-masing port hanya akan kompatibel dengan beberapa jenis kartu grafis saja.

Tipe Konektor Kabel pada Monitor Komputer

Perlu diketahu, bahwa ada beberapa varian port input atau konektor kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara CPU dan Monitor. Masing-masing tipe memiliki spesifikasi berbeda-beda dan untuk keperluan yang berbeda-beda pula.

Untuk bisa mendapatkan peforma maksimal antara pemrosesan grafis dari GPU dan CPU, kalian harus menggunakan kabel dengan spesifikasi yang sesuai. Sangat tidak logis apabila menggunakan VGA kelas atas tetapi port input dan kabel konektor yang digunakan adalah kabel VGA.

Untuk itu, mari kita simak masing-masing tipe kabel konektor pada monitor komputer.

1. HDMI

Kabel HDMI
Kabel HDMI

Port HDMI (high-definition multimedia interface) adalah yang paling umum di pasaran. HDMI adalah standar industri dalam banyak hal, dan digunakan oleh perusahaan film seperti Universal, Warner Bros., dan Disney untuk menayangkan film mereka.

Meskipun ini mungkin menunjukkan bahwa hanya ada satu jenis kabel HDMI, ternyata itu tidak benar. Anda dapat menggunakan empat jenis kabel HDMI untuk menyambungkan ke port HDMI monitor Anda.

  • HDMI Standar : Resolusi hingga 1080p. Ini adalah opsi yang paling populer. Namun, jika Anda membutuhkan resolusi yang lebih tinggi, Anda memerlukan salah satu dari tiga kabel monitor HDMI.
  • HDMI High Speed: resolusi 4K
  • HDMI Premium High Speed: Untuk perangkat yang mendukung HDR
  • HDMI Ultra High Speed: Fitur HDMI 2.1 mencakup layar video 8K tanpa kompresi dan bandwidth 48 GB/dtk.

Pada artikel 10 Monitor Gaming Dibawah 3 Juta 144Hz Terbaik [Update 2022] , semua monitor tersebut mendukung port HDMI yang memiliki versi berbeda-beda.

2. DVI

Kabel DVI
Kabel DVI

Port DVI (digital vision interface) adalah satu-satunya standar analog yang digunakan secara luas sebelum munculnya port HDMI. Jenis port ini masih ditemukan di banyak monitor, terkadang di samping port HDMI atau VGA. Meskipun DVI tidak biasa seperti port VGA, dan tidak mampu membawa audio, namun memiliki kegunaan khusus.

Port DVI memberikan frame rate yang lebih cepat daripada kabel HDMI untuk monitor 1080p. Port DVI mengirimkan sinyal digital secara langsung, meningkatkan kecepatan transmisi. Port DVI dapat memberikan gambar yang lebih tajam dan lebih detail daripada HDMI. Gamer akan menghargai frame rate yang lebih cepat, terutama jika mereka memiliki kartu grafis yang dapat memproses lebih dari 60 frame per detik (fps).

Kabel tautan ganda adalah yang terbaik saat memilih kabel DVI. Kabel DVI tautan ganda mendukung resolusi hingga 2560×1600, sedangkan kabel DVI tautan tunggal hanya mendukung resolusi 1920×1200.

Kabel DVI tidak dapat mengirimkan video 4K. Anda harus menggunakan kabel HDMI High-Speed ​​jika Anda memiliki monitor dan kartu grafis berkemampuan 4K.

3. DisplayPort

Kabel Display Port
Kabel Display Port

DisplayPort (DP), kabel koneksi yang relatif baru, diluncurkan pada tahun 2008. Ini terutama digunakan pada monitor tingkat premium. Ini dicadangkan untuk kartu grafis kelas atas, dan sebagian besar digunakan untuk memutar video dan tugas intensif visual lainnya.

Saat ini ada tiga jenis kabel DP yang digunakan.

  • DisplayPort 1.2: Memantau hingga 3840×2160 dengan video 4K pada 60 Hz.
  • DisplayPort 1.3: Menampilkan video 8K pada kecepatan refresh 30 Hz. Ia bekerja dengan semua kartu grafis modern.
  • DisplayPort 1.4: DisplayPort 1.4 untuk video 8K pada 60Hz dan video HDR. Tambahan baru untuk keluarga DP ini dapat menjalankan game terbaru pada pengaturan grafis tertinggi.

DP memiliki keuntungan tambahan karena dapat mengirimkan beberapa monitor menggunakan satu kabel. Jika Anda ingin melakukan daisy-chain pada beberapa monitor, ini akan mengurangi jumlah kabel yang Anda perlukan. Port ini sangat bagus untuk siapa saja yang ingin menggunakan monitor kelas atas untuk game 4K atau untuk menampilkan dan merender media berkualitas tinggi seperti pemodelan 3D.

DisplayPort adalah teknologi baru yang memungkinkan Anda terhubung ke HDMI. Lihat artikel HP Tech Takes kami DisplayPort vs HDMI – Mana yang Lebih Baik?

4. VGA

Kabel VGA
Kabel VGA

Port VGA (Videography Array) banyak digunakan pada perangkat keras PC sebelum port HDMI diperkenalkan. Port VGA sekarang sebagian besar sudah usang. Mereka biasanya hanya ditemukan pada perangkat yang lebih tua.

VGA diciptakan oleh IBM sebelum dirilis ke pasar yang lebih luas pada tahun 1987. Port VGA adalah bagian dari kebanyakan PC yang lebih tua. Jika Anda perlu menghubungkan komputer lama Anda ke monitor yang lebih baru, konverter atau adaptor adalah pilihan terbaik.

Port VGA adalah konektor 15-pin dengan tiga baris 5 pin, yang berbeda dari jenis konektor monitor lainnya. Setiap pin memiliki fungsi tertentu dan cocok dengan kabel VGA. Kabel VGA juga digunakan oleh banyak proyektor. Jika Anda berencana menyambungkan monitor atau PC ke proyektor untuk menyaring atau menggunakannya di lingkungan sekolah atau bisnis, pastikan layar Anda kompatibel dengan VGA.

Anda juga dapat menggunakan port VGA untuk memainkan konsol lama tertentu. Misalnya, SEGA Dreamcast atau PlayStation 2 kompatibel dengan VGA. Mereka sering terlihat terbaik menggunakan port ini. Namun, adaptor mungkin diperlukan (lihat contoh di bawah).

5. USB-C

Port USB-C dapat ditemukan di monitor yang lebih serbaguna. Ini karena mereka memiliki lebih banyak port dan fitur. Meskipun sering digunakan untuk menggantikan port USB, dapat juga digunakan sebagai pengganti port DP atau port HDMI.

Hal terbaik tentang kabel USB-C adalah kabel ini dapat dibalik. Ini memungkinkan Anda untuk memasangnya ke segala arah. Ini menjadikannya jenis port monitor yang bagus bagi mereka yang berencana menggunakannya dengan perangkat lain. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan tablet atau smartphone ke monitor Anda.

Port USB-C mampu mengirimkan video serta data dan audio. Meskipun USB-C masih merupakan teknologi baru, desain aslinya telah selesai pada tahun 2014. Namun, keserbagunaannya yang luar biasa membuatnya ideal bagi siapa saja yang ingin menggunakan satu jenis kabel untuk monitor mereka.

Jika Anda perlu menghubungkan laptop dan monitor Anda ke internet, port USB-C adalah pilihan yang tepat. Bayangkan Anda bekerja di kantor rumah dan ingin terhubung ke layar yang lebih besar. Anda tidak akan kesulitan menyambungkan ke layar yang lebih besar dengan laptop yang lebih tua dari milik Anda. Sebagian besar laptop baru dilengkapi dengan port USB C. Anda dapat menghubungkan monitor Anda ke komputer Anda dengan kabel plug-and-play dan Anda akan memiliki layar yang lebih besar dalam waktu singkat.

Kesimpulan

Setidaknya ada lima jenis port input yang bisa Anda temukan untuk menghubungkan display dari CPU ke monitor. Kabel ini umumnya digunakan berdasarkan kebutuhan pengguna, mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan yang lebih advance. Karena terdiri dari spesifikasi berbeda.

Untuk dapat menentukan kabel mana yang cocok untuk kamu gunakan, pastikan kamu menyadari kekuatan mesin GPU. Tingkat kekuatan GPU bisa ditinjau melalui spesifikasi resmi yang ada di website penyedia. Setelah itu lakukan penyesuaian kabel dan monitor gara tidak bisa menampilkan gambar dengan maksimal.

Tinggalkan komentar