Kelebihan dan Kekurangan Monitor Airo AIO241G

Monitor Airo AIO241G menggedor pintu pasar monitor gaming dibawah 3 jutaan dengan banderol harga yang paling murah saat ini, yaitu 1,9 juta. Dengan harga yang kelewat murah, kira-kira monitor seperti apa yang ditawarkan oleh Airo?

Airo AIO241G
Airo AIO241G

Pasar monitor gaming saat ini sedang dalam kondisi yang panas, karena pertempuran brand untuk bisa menggaet konsumen. Terbukti publik semakin sadar dengan pentingnya monitor gaming terutama pemain game FPS.

Brand tier atas, seperti LG dan Acer masuk pada segmen monitor gaming dibawah 3 jutaan dengan harga 2,6 juta – 2,8 juta. Namun, brand Airo yang merupakan brand lokal Indonesia mencoba peruntungan untuk memasarkan AIO241G di harga 1,9juta. Wow! Selisih hampir 1 juta dengan brand tier atas.

Anda pastinya akan skeptis dengan penawaran yang diberikan Airo sebagai brand yang baru merilis produknya tahun 2020 lalu. Monitor gaming dibawah 2 juta yang memiliki refresh rate 144Hz, pastinya ada fitur yang dipangkas untuk menekan harga.

Langsung saja kita bedah fitur, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan monitor ini untuk dijadikan informasi sebelum membelinya.

Spesifikasi & Fitur Monitor Airo AIO241G

Berikut ini adalah spesifikasi monitor gaming besutan Airo dengan pada seri AIO241G yang admin chespotting.com berhasil himpun dari berbagai sumber

Tipe ProdukMonitor Gaming
Nama ModelAiro AIO241G
Ukuran Panel24 inchi
Refresh Rate144Hz
Response Time1 ms
Resolusi1920p x 1080p FHD
HDRYa
Flat atau CurveFlat
Tipe PanelTN
View Angle170°/160°
Aspect Ratio19:9
BezelAda. Atas dan samping 1.5cm , bawah 2cm.
Vesa Mount100x100mm
Adaptive SyncAMD FreeSync
NVIDIA G-Sync (dengan Display Port)
Color Gamut97% sRGB
79% AdobeRGB
74% NTSC
Audio SpeakerAda. 2 x 3 Watt
TiltYa
Height AdjustmentTidak
Konsumsi listrik40 Watt
Input/Output1x HDMI
1x Display Port
1x USB
1x Headphone Jack
Kecerahan350 cd/m2 (nits)
Garansi3 tahun
Spesifikasi Monitor Gaming Airo AIO241G

Airo AIO241G memiliki refresh rate 144Hz serta response time 1 ms yang menjadikan monitor ini sebagai monitor gaming very low budget. Ini merupakan yang termurah dari semua monitor 144Hz yang ada hingga saat tulisan ini dibuat.

Panel yang digunakan adalah TN (Twisted Nematic) yang memang dikhususkan untuk keperluan gaming. Panel TN terkenal dengan peformanya untuk menangani motion blur, sehingga gamer tidak akan menemukan bayangan blur ketika bermain game. Sangat penting untuk bermain game FPS.

Mendukung AMD FreeSync dan NVIDIA G-Sync agar tidak terjadi flicker ketika bermain game dengan FPS dinamis. Untuk mengaktifkan mode G-Sync milik NVIDIA, Anda harus menyiapkan kabel Display Port yang kebetulan tidak disediakan di dalam set pembelian.

Kelebihan Airo AIO241G

Yang pertama menjadi nilai jual Airo AIO241G adalah ini memiliki harga yang sangat murah. Bahkan monitor ini juga bisa digunakan sebagai monitor gaming untuk mencicipi kemampuan 144Hz 1ms. Membeli monitor

Kelebihan monitor gaming Airo AIO241G adalah adanya port yang sangat lengkap hingga port USB. Sepertinya ini bisa digunakan untuk melakukan charging device seperti hp, modem atau yang lainnya. Tetapi tidak tertera dengan jelas berapa outputnya, anggap saja ini adalah port bonus.

Semua portnya sudah menghadap kebawah yang artinya Anda bisa dengan mudah memasang braket untuk ditempel didinding. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan ketinggian yang pas dengan posisi duduk.

Baca juga : Peforma dan Fitur Philips 242M8 Monitor Gaming

Kekurangan Monitor Gaming AIO241G

Ini adalah monitor 144Hz yang akan mengeluarkan panas berlebihan ketika digunakan pada peforma maksimal. Setelah dicari-cari, ternyata lubang pembuangan panas pada monitor gaming Airo AIO241G tidak ada. Ini perlu jadi perhatian untuk penggunanya, karena semua mesin ketika bekerja selalu mengeluarkan panas dan membutuhkan sirkulasi yang baik.

Tampilan-OSD-Lawas-dari-Monitor-Airo-AIO241G
Tampilan-OSD-Lawas-dari-Monitor-Airo-AIO241G

Selain itu, tombol untuk mengatur OSD (On Screen Display) sangat tidak ramah terhadap pengguna baru. Tidak ada petunjuk untuk menggunakan tombol OSD pada monitor gaming yang mana ini sangat disayangkan. Jadi Anda harus belajar sendiri masing-masing fungsi tombolnya.

Terlebih, skin OSD yang digunakan adalah skin lawas, sepertinya memang Airo butuh tampilan OSD yang terbaru. Mungkin ini salah satu penyebab kenapa Airo menjual dengan harga dibawah 2 juta.

Keberadaan bezel membuat penampila monitor ini jadi kurang estetik yang saya rasa bezel ini cukup tebal sekali 1,5cm dan 2cm. Meskipun tidak berpengaruh terhadap peforma, tetapi dengan penampila yang bagus, mata pengguna akan lebih manja.

Baca juga : 10 Monitor Gaming Dibawah 3 Juta 144Hz Terbaik [Update 2022]

Kesimpulan untuk Review Airo AIO241G

Dari membaca artikel mengenai review monitor gaming dai Airo kali ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa monitor ini cocok untuk yang mau mencicipi 144Hz dan 1 ms. Sekedar mencoba saja tidak ada salahnya, mengingat fitur yang ditawarkan juga sangat tinggi untuk sekelas 2juta rupiah.

Misalkan Anda merasa nyaman dan memiliki budget lebih, melakukan upgrade monitor akan sangat disarankan. Upgrade disini bukan pada spesifikasi, namun lebih ke build quality dan tampilan body. Hal ini nantinya juga akan memudahkan Anda dalam hal layanan aftersales.

Tinggalkan komentar