Review Monitor Gaming LG 24GL600F UltraGear

Kali ini monitor gaming LG 24GL600F menjadi senjata utama LG untuk menaklukan pasar 144Hz pada harga dibawah 3 jutaan. Harga ketika launching, LG 24GL600F dipatok dengan harga Rp 2,999rb namun seiring munculnnya banyak seri, harganya kini hanya Rp 2,7 juta.

Tampilan depan monitor gaming LG 24GL600F
Tampilan depan monitor gaming LG 24GL600F

Monitor yang rilis pada tahun 2019 ini memang masih mampu bersaing dengan pasar monitor gaming saat ini. Terutama game entry level yang ingin merasakan 144Hz dengan kualitas dari rajanya monitor, yakni LG.

Kebetulan untuk brand dari LG ada juga monitor gaming yang dijual pada segmen pasar yang sama, yaitu dibawah 3 jutaan. Monitor gaming LG UltraGear 24GN600 yang sama-sama 24″ dan sama sama 144Hz.

Pada review monitor kali ini, kita tidak hanya membedah spesifikasinya saja, namun semua aspek yang mencakup kelebihan dan kekurangan. Hal ini jadi perhatian banyak gamer, yang mana mereka menyesali keputusan mereka karena tidak memperhatikan poin kecil.

Admin chespotting.com akan membedah tuntas dari kelebihan dan kekurangan yang bakal bikin Anda pikir dua kali sebelum membuat keputusan. Langsung saja, kita mulai dari membahas spesifikasinya terlebih dahulu.

Spesifikasi Monitor Gaming LG 24GL600F Ultra Gear

Tipe ProdukMonitor Gaming
Nama ModelLG UltraGear 24GL600F
Ukuran Panel23.6″
Refresh Rate144Hz
Response Time1 ms
Resolusi1920p x 1080p FHD
Flat atau CurveFlat
Tipe PanelTN
View Angle178 derajat
Aspect Ratio16:9
Bezel1,5 cm
Vesa Mount100 mm x 100 mm
Adaptive SyncAMD FreeSync Premium
NVIDIA G-Sync (dengan Display Port)
SpeakerTidak ada
TiltYa
Height AdjustmentTidak
Input/Output2x HDMI
1x Display Port
1x VGA
1x Headphone Jack
Kecerahan250 cd/m2 (nits)
Garansi3 tahun
Spesifikasi Monitor Gaming LG 24GL600F UltraGear

Seperti biasa, ini merupakan monitor gaming yang punya refresh rate 144Hz, response time 1 ms dan tipe panel TN. LG tidak menyertakan kabel display port, namun kabel HDMI yang disertakan bisa digunakan gamer sehingga mendapatkan peforma 120Hz.

Tipe layarnya flat dan bezel yang ada cukup tebal. Terlihat bezel ini menjadi efek dari kenapa monitor LG yang satu ini dibilang murah. Mengingat pada saat launching, pesaing masih memasang banderol diatas 3,5juta untuk monitor dengan spesifikasi sama.

AMD FreeSync Premium sepertinya sudah menjadi fitur yang wajib ada agar display tidak mengalami tearing ketika lonjakan FPS terjadi. Mengingat ini monitor dengan refresh rate tinggi, keberadaan LFP pada FreeSync Premium sangat dibutuhkan.

Diatas adalah spesifikasi yang terlihat pada iklan, entah itu di YouTube, website resmi ataupun di brosur. Namun sebenarnya ada beberapa yang kurang lengkap dan tentunya tidak kalah penting untuk diketahui.

Tipe OSDTerbaru dan ada Game Mode
Contrast Ratio1120:1
Color Gamut96% sRGB
Spesifikasi UltraGear 24GL600F Lainnya

LG kali ini benar-benar membuat monitor untuk keperluan gaming dengan menempelkan fitur-fitur yang sangat membantu para gamer. Terutama, Anda akan bisa menggunakan crosshair dari fitur OSD yang bisa diatur melalui Game mode.

Kelebihan UltraGear LG 24GL600F

  • Tampilan belakang monitor gaming LG 24GL600F
  • Menu OSD pada LG 24GL600F
  • Tombol joystick untuk mengatur OSD LG 24GL600F
  • Response time setelah dilakukan pengetesan pada LG 24GL600F

Dari tampilan desain tampak dari depan, monitor ini terlihat biasa saja, karena Anda hanya akan melihat warna hitam glossy. Namun, ketika terlihat dari atas dan belakang, kesan gaming baru terlihat. Lingkaran merah layaknya turbin yang ada dibelakang berfungsi untuk membuang hawa panas. Namun, penampilan tersebut membuat kesan monitor gaming semakin jelas.

LG selalu paham dengan kebutuhan penggunanya, terbukti dengan adanya joystick dibagian bawah tengah untuk mengatur OSD. Pengguna akan jauh lebih mudah dalam melakukan pengaturan OSD tanpa harus menekan tombol yang jumlahnya ada lima.

Panel yang digunakan oleh LG kali ini adalah panel TN (Twisted Nematic) yang sangat cocok untuk keperluan gaming terutama FPS. Panel TN memiliki response time yang lebih bagus daripada IPS dan Anda tidak akan melihat motion blurr ketika di test menggunakan UFO Test.

Meskipun response time yang ada pada iklan adalah 1ms, namun semua orang menyadari bahwa hal tersebut sangat sulit dicapai. Setelah dilakukan pengetesan, ternyata response timenya adalah 3,4 ms dan lebih bagus daripada ASUS ROG Swift PG27UQ.

Yang terakhir untuk kelebihan dari monitor gaming UltraGear LG 24GL600F adalah garansi 3 tahun. LG berani menjamin bahwa pengguna tidak akan mengalami masalah dalam waktu selama itu adalah nilai tambah.

Kekurangan Monitor Ultra Gear LG 24GL600F

  • UltraGear LG 24GL600F hanya bisa Tilt saja
  • Tombol joystick untuk mengatur OSD LG 24GL600F
  • Tampilan depan monitor gaming LG 24GL600F
  • Port kabel LG 24GL600F menghadap belakagn

Perlu diketahui, bahwa ini kategori monitor murah yang digunakan sebagai senjata LG untuk menghabisi AOC, Airo, Armaggeddon dan Philips. Beberapa fitur dipangkas oleh LG untuk bisa menekan harga dan masuk pasar dibawah 3 juta.

Yang pertama yang paling terlihat adalah bagian bezel yang tebal menjadikan monitor ini tampak tidak menarik sama sekali. Saat ini, monitor tanpa bezel terlihat lebih manis dan futuristik dibandingkan monitor dengan bezel.

Untuk bagian leher, LG hanya memberikan leher dengan fitur tilt saja dan tidak bisa menyesuaikan ketinggian monitor. Height adjusment penting untuk pengguna monitor yang memiliki tinggi badan diaas 160 cm.

Kabelnya menghadap kebelakang, jadi Anda akan kesulitan jika harus menempelkan monitor gaming LG 24GL600F ini ke dinding. Tonjolan kabel akan menekan keberadaan dinding dan berpotensi merusak kabel itu sendiri. Solusinya adalah membeli stand dengan memanfaatkan vesa mount-nya.

Dan lagi, kekurangan port yang menghadap kebelakang adalah kesulitan kabel management yang akan menciptakan suasana berantakan pada bagian belakang. Sepertinya ini adalah salah satu efek pemangkasan harga yang dilakukan LG.

Dan yang terakhir adalah penggunaan monitor TN berdampak pada color gamut yang tidak akan bisa maksimal. Terlihat, coverage untuk gamut monitor gaming ini adalah 96% sRGB. Dan memang ini tidak diperuntukkan untuk editor.

Info Tambahan

Seri monitor ini merupakan kakak dari LG 24GN600 yang juga hadir pada segmen monitor gaming dibawah 3 juta terbaik. Dari kedua monitor ini, terlihat LG semakin membenahi kualitas produknya terutama dibagian turbin belakang monitor yang sekarang menjadi ciri khas gaming milik LG.

Pada versi LG 24GN600, terlihat panel yang digunakan adalah IPS. Sehingga dapat dikatakan LG mengincar pasar yang lebih hybrid, yakni gaming dan editing. Sehingga jika Anda ingin menggunakan monitor gaming dan editing, 24G600 adalah jawabannya.

Sekian informasi monitor gaming LG24GL600F yang masuk dalam jajaran UltraGear milik LG.

Tinggalkan komentar