Penjelasan Detail AMD FreeSync pada Monitor

AMD FreeSync merupakan teknologi yang diinisiasi oleh AMD untuk memenuhi kebutuhan gaming melalui tampilan display. Saat ini keberadaan fitur dari AMD tersebut menjadi standar baru untuk monitor gaming agar bisa lebih kompetitif ketika digunakan.

Dari sekian banyak produk yang beredar di pasar monitor, tidak semuanya memiliki fitur yang lengkap untuk industri gaming. Mayoritas hanya monitor model terbaru dan juga monitor dengan tujuan gaming yang lebih banyak mendukung fitur AMD ini.

Hingga saat ini banyak gamer yang masih mempercayakan teknologi Sync entah itu dari AMD maupun NVIDIA untuk keperluan gaming mereka. Gamer sangat paham sekali bahwa keberadaan monitor yang memadai secara hardware, software dan fitur sangat mempengaruhi peforma permainan.

AMD FreeSync juga tidak ingin menyia-nyiakan kebutuhan para penggunanya, dengan selalu memberikan update fitur pada versi lainnya. Ada setidaknya tiga versi AMD FreeSync yang akan kalian temui di pasar. Yang pertama adalah FreeSync biasa, kemudian ada yang premium dan yang terakhir adalah versi FreeSync Premium Pro.

Kali ini chespotting.com akan membahas semua mengenai AMD FreeSync mulai dari pengertian, contoh monitor dan detail-detail lainnya.

Pengertian AMD FreeSync

AMD FreeSync™ merupakan teknologi dari AMD untuk menampilkan gambar lebih baik pada refresh rate yang dinamis (berubah-ubah). Biasanya gamer akan mengalami sebuah permasalah seperti layar yang sobek. Hal itu dikarenakan monitor dan kartu grafis tidak bisa melakukan singkronisasi gambar dan sinyal dengan baik. Dengan teknologi AMD FreeSync, artifak seperti layar tearing atau layar sobek akan bisa dikurangi karena singkronisasi antara Kartu VGA dan Monitor lebih efektif.

Screen tearing atau layar yang sobek adalah kondisi yang sangat dibenci para gamer. Monitor akan menampilkan gambar yang tidak sempurna dengan adanya garis potongan pada beberapa sisi. Tampilan dari screen tearing adalah seperti gambar yang terpisah menjadi dua bagian atau lebih. Biasanya ini disebabkan oleh refresh rate yang terlalu dinamis atau berubah-ubah dengan cepat.

AMD FreeSync membantu mengatasi permasalahan ini dengan mengkoordinasikan GPU dan Monitor. Meskipun hanya bisa bekerja pada jangkauan refresh rate tertentu saja, tetapi fitur ini sangat membantu para gamer. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa tidak akan terjadi screen tearing lagi.

Meskipun sudah mengaktifkan AMD FreeSync™ kalian masih bisa mengalami screen tearing ketika bermain game. Biasanya ini disebabkan karena refresh rate maksimal dari monitor kalian terlalu rendah, sedangkan GPU kalian mampu memproduksi refresh rate lebih baik daripada kemampuan maksimal monitor kalian.

Jenis-jenis AMD FreeSync

AMD FreeSync memiliki beberapa versi atau jenis yang mana setiap versi memiliki kemampuan berbeda-beda. Versi terbaru selalu menyempurnakan versi pendahulunya dengan dukungan hardware yang tentunya berbeda juga. Berikut ini tiga versi berbeda AMD FreeSync yang juga memiliki fitur berbeda-beda

AMD FreeSync™

Ini adalah versi pertama fitur adaptive-sync dari AMD yang digunakan layaknya G-Sync pada NVIDIA. Seperti halnya G-Sync yang membutuhkan GPU dari NVIDIA, AMD Sync membutuhkan GPU dari AMD untuk bisa berjalan dengan baik.

Salah satu perbedaan antara keduanya adalah penggunaan kabel Display Port pada NVIDIA G-Sync yang mana pada AMD FreeSync dapat bekerja dengan baik menggunakan HDMI.

Fitur FreeSync versi biasa ini terbilang sangat dasar dan tidak begitu menarik bila dibandingkan versi yang terbaru. Di FreeSync versi pertama, AMD hanya fokus pada screen tearing, flickering dan low latency saja.

Yang menarik antara persaingan ini adalah, perusahaan monitor tidak perlu membayar lisensi hardware kepada AMD untuk menanamkan fitur ini. Sedangkan untuk bisa mendapatkan lisensi G-Sync, perusahaan monitor harus membeli ke NVIDIA. Itulah sebabnya kenapa monitor FreeSync lebih murah daripada monitor G-Sync.

Semua monitor yang menudukung fitur G-Sync biasanya akan mendukung fitur FreeSync. Sangat tidak mungkin sebuah perusahaan hanya membeli lisensi NVIDIA tanpa menanamkan juga lisensi gratis dari AMD.

AMD FreeSync™ Premium

Ada peningkatan untuk versi AMD FreeSync Premium dimana kini fiturnya semakin meluas pada tingkat refresh rate tinggi. Versi FreeSync Premium minimal harus menggunaakn monitor 120Hz dan setidaknya memiliki resolusi FullHD atau biasa disebut 1080p.

Untuk list monitornya bisa baca artikel 10 Monitor Gaming Dibawah 3 Juta 144Hz Terbaik [Update 2022]. Semua monitor yang ada disitu memiliki spesifikas minimal untuk menjalankan AMD FreeSync Premium.

Pada versi FreeSync Premium, AMD menyematkan fitur LFC (Low Frame Rate Compensation) mengingat FPS yang bisa diproduksi monitor dengan refresh rate tinggi, sangatlah banyak. Untuk monitor 144Hz bisa menghasilkan 144FPS yang tentu saja range nya cukup jauh dengan FPS terendahnya. Sedangkan freesync biasa hanya mendukung untuk jangkauan refresh rate 48Hz – 144Hz.

Jadi ketika monitor mengalami penurunan frame rate, seringkali terjadi masalah yang bisa diatasi dengan FreeSync Premium.

AMD FreeSync™ Premium Pro

Juga dikenal dengan nama FreeSync 2 HDR yang mana versi ini menargetkan konten HDR. Ini merupakan versi paling canggih daripada sebelumnya, dimana AMD memberikan solusi anti lag untuk kondisi tone warna yang langsung didisplay.

Fitur dari FreeSync biasa dan FreeSync Premium semuanya ada di versi Premium Pro. Namun, di versi sebelumnya tidak ada yang mendukung tampilan HDR. Artinya, FreeSync Premium Pro adalah yang paling baru hingga pertengahan 2022 ini.

Perlu diketahui juga, bahwa tidak semua game mendukung FreeSync Premium Pro.

Kesimpulan

Keberadaan AMD FreeSync memang sangat membantu memproses gambar ketika bermain game agar lebih baik. Selain pada monitor gaming, FreeSync juga ada pada monitor laptop dan monitor Televisi.

Untuk bisa menikmati layar yang anti sobek, kalian harus menggunakan monitor jenis terbaru yang menggunakan port HDMI dan DisplayPort. Jangan pernah berharap banyak dengan monitor yang terhubung dengan kabel VGA.

Tinggalkan komentar