Review LG 24GN600 Ultra Gear Monitor Gaming

LG melakukan penyegaran untuk produk monitor gaming dikelas 24 inchi dengan melaunching LG 24GN600 yang merupakan suksesor dari LG 24GL600. LG melakukan improvisasi pada bagian panel untuk membuat nyaman view angle penggunanya.

Pada seri LG 24GL600 , LG memang bermaksud untuk membabat habis pasar monitor gaming 144Hz dibawah 3 juta. Namun, semenjak banyak brand mulai masuk seperti Viewsonic, AOC, Philips , Aero dan lainnya sepertinya LG mulai ketar-ketir. Akhirnya launching LG 24GN600 sebagai senjata dari LG.

Baiklah kali ini mari kita review LG 24GN600 untuk mengobati rasa penasaran. Kira-kira barang seperti apa sih yang dikasih LG kali ini? Berikut ulasan dari chespotting.com secara mendetail dan dalam

Review Desain Luar Monitor LG 24GN600

Pada bagian kardus, LG memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin melakukan unboxing. Kardus dibuka dari tengah, sehingga ketika mengambil monitor, Anda tidak perlu repot tarik-tarik styrofoam. Ini sangat praktis, simpel dan tidak ribet.

Selain buku manual, adaptor, kabel HDMI, baut buat kaki, ternyata LG juga menyematkan kabel Display Port yang kita tahu peformanya sangat bagus untuk gaming. Untuk desain, kualitas dan look tidak ada yang berbeda antara seri LG 24GN600 vs LG 24GL600. Kedua seri ini sama persis untuk desain dan kaki-kaki.

Dengan bentuk leher yang pendek, monitor LG 24GN600 ini hanya mendukung gerakan tilt saja. Artinya pengguna hanya bisa menundukkan dan mendangakkan saja, tidak bisa naik turun atau memutar. Dan stand tipe V yang digunakan tentu saja rawan jatuh ketika mendapatkan tekanan dari samping.

  • Bagian kardus simpel dan praktis
  • Ada kabel Display Port dalam kardus
  • Hanya mendukung tilt saja
  • Desain turbin belakang sangat keren
  • Versa Mount dan Port pada bagian belakang
  • Logo UG (UltraGear) pada bagian belakang monitor
  • Terdapat dua port HDMI mendukugn 144Hz
  • Analog untuk mengatur OSD
  • LG 24GN600 bezel tipis

Untuk desain yang paling menarik adalah bagian belakangnya yang memiliki bentuk seperti turbin dengan lis warna merah. Desain ini menimbulkan efek psikologi gaming banget namun sebenarnya memiliki fungsi tersendiri. Fungsi lingkaran merah dan berlubang layaknya turbin pada belakang monitor adalah untuk jalur pembuang panas. Mengingat ini adalah monitor 144Hz yang sangat membutuhkan lubang pembuangan panas ketika digunakan.

Hampir sama juga dengan seri sebelumnya, namun pada seri terbaru ini, yakni pada LG 24GN600 logo yang terpampang bukan lagi LG , tetapi UG. UG adalah kependakan dari UltraGear yang merupakan brand monitor gaming dari LG.

Selain itu bagian mount, LG mendukung mount versa 100 x 100 mm bagi yang ingin memasang monitor ini pada stand khusus. Yang jadi perhatian adalah port HDMI, Display Port, USB, Audio in dan Power menghadap kebelakang. Ini artinya akan kesulitan ketika ingin menempelkan monitor LG 24GN600 ini ke dinding karena terpentok kabel. Ada dua port HDMI 2.0 yang akan mendukung refresh rate 144Hz.

Pada bagian bawah ada joystick yang digunakan untuk mengatur OSD (On Screen Display) dan ini sangat futuristik sekali. Berbeda dengan brand lain yang masih menggunakan tombol yang banyak dan ribet. LG memang paling tahu soal kebutuhan pengguna pada bagian OSD.

Model joystick ini hampir sama juga seperti pada Armaggeddon XF24HD Super , namun OSD milik LG lebih baru dan lebih mudah dioperasikan.

Bezel atas dan samping sangat tipis, hanya 0.5 cm saja dan ini membuat penampilan dari monitor sangat minimalis. Perpaduan warna gelap dan juga warna merah menjadikan kesan lebih gahar pada monitor gaming dari LG 23,8 inchi ini.

Baca juga : Peforma dan Fitur Philips 242M8 Monitor Gaming

Review Spesifikasi dan Fitur Monitor LG 24GN600

Sekarang saatnya untuk membedah spesifikasi dan fitur yang LG berikan pada monitor menarik ini yang dijual pada harga Rp 2,6juta. Berikut ini overview spesifikasi monitor gaming LG 24GN600.

Ukuran Panel 24″
Color GamutsRGB 99%
Refresh Rate144Hz
Resolusi1920p x 1080p FHD
Contrast Ratio1000:1
Tipe DisplayIPS
Response Time1 ms (GtG)
View Angle178 derajat
Perlindungan LapisanAnti-Glare
Aspect Ratio16:9
Adaptive SyncAMD FreeSync Premium
NVIDIA G-Sync
Motion Blur ReductionYa
SpeakerTidak ada
Input/Output2x HDMI
1x Display Port
1x Headphone Out
Pemakaian Daya32 Watt
Kecerahan350 cd/m2
HDRYa. HDR10
Garansi1 tahun
Spesifikasi Monitor Gaming LG 24GN600

Pada bagian HDR10, LG mengatakan bahwa HDR yang diberikan adalah berdasarkan sRGB 99%. Jika memang benar fitur ini valid, maka alangkah sangat beruntungnya para konsumen karena ini fitur untuk monitor kelas atas.

Lantas orang-orang pasti bertanya, kenapa adaptive sync pada monitor ini masih menggunakan Free Sync Premium saja? Padahal untuk monitor sekelas HDR harusnya sudah menggunakan Free Sync Premium Pro.

Ketidak selarasan ini membuat sebgian orang merasa skeptis untuk mempercayai apa yang diberikan LG. Bagaimanakah menurut Anda?

  • Review LG 24GN600 Rating Monitor Keseluruhan
  • Review LG 24GN600 Color Uniformity Sangat Bagus
  • Review LG 24GN600 Tampilan OSD
  • Review LG 24GN600 Color Gamut LG 24G600
  • Review LG 24GN600 Komposisi Brighness dan Contrast LG G24G600

Untuk pengetesan color gamut dari display monitor LG 24G600, didapatkan hasil 100% sRGB, 81% of Adobe RGB, 82% of P3 dan 76% of NTSC. Untuk brightness maksimum mencapai 338.5 cd/m2. Dan kontras maksimum adalah 740:1 Berbeda daripada spesifikasi yang tertulis di website dan kardus. Berbeda sedikit daripada spesifikasi yang tertera di website.

Untuk color uniformity ketika kecerahan maksimal, sangat bagus. Tapi warnanya agak sedikit gelap dibagian bawah kanan , dan ini masih batas wajar kok layaknya monitor lain. Tenang saja ini bukan jadi alasan untuk tidak membeli monitor ini.

Pesaing berat LG dipasar ini adalah Monitor Gaming AOC 24G2 yang punya desain body lebih bagus serta spesifikasi yang mirip-mirip.

Kesimpulan

Untuk kesimpulan dan saran setelah membaca review LG 24GN600 diartikel ini, monitor ini cocok buat bermain game tembak-tembakan atau game FPS. Yang jadi pertimbangan utama adalah response time yang sangat cepat dan juga refresh ratenya 144Hz.

Dengan uang Rp 2,6 juta saya rasa ini adalah pilihan monitor paling bagus value-nya. Harganya terjangkau parah dan fiturnya sangat melebihi ekspetasi. Katakan selamat tinggal pada bottleneck tanpa harus menguras kantong.

Tinggalkan komentar